oleh

Khawatir Kendaraan Hilang Saat Mudik? Titipkan Saja di Kantor Polisi, Gratis

MAKASSAR – Menjelang mudik saat Hari Raya Idulfitri, banyak hal yang disiapkan oleh pemudik. Mulai dari moda transportasi hingga persiapan selama di perjalanan dan keamanan barang yang ditinggalkan di rumah.

Salah satu hal yang tak jarang dikhawatirkan oleh pemudik, khususnya pemudik dengan kendaraan umum, adalah keamanan kendaraan bermotornya selama ditinggal pulang kampung.

Untuk menjaga keamanan kendaraan bermotor milik pemudik serta kenyamanan mereka saat berada di kampung, Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Selatan (Sulsel), memperbolehkan pemudik menitipkan kendaraan mereka di kantor polisi terdekat.

“Jadi bagi pemudik yang keluar Kota Makassar atau Sulawesi Selatan, pergi ke suatu daerah yang jauh. Misalnya naik kapal laut atau pesawat terbang, otomatis dia punya kendaraan motor atau mobil. Kalau khawatir akan jadi korban kejahatan lebih baik titip saja di kantor polisi, di polsek-polsek atau polres, silakan. Insyaallah tidak akan dipungut bayaran,” jelasnya, Kamis (30/5/2019).

Kapolrestabes Makassar, Kombes Pol Wahyu Dwi Ariwibowo, juga menyatakan hal yang sama. Fia mengimbau masyarakat untuk menitipkan barang berharga di polsek-polsek terdekat.

“Jadi disampaikan kepada RT/RW bahwa yang rumahnya kosong, kalau ada barang berharganya silakan dititipkan di polsek terdekat. Termasuk kendaraan,” tegasnya.

Pemudik yang ingin menitipkan kendaraan atau barang berharganya, cukup mengisi data untuk kepentingan administrasi tanpa dipungut biaya sepeserpun.

“Jadi datang saja ke polsek. Nanti akan didata oleh petugas, tanpa ada persyaratan, tanpa ada pungutan biaya. Satu hal juga ketika meninggalkan rumah itu jangan lupa mematikan listrik dan lain-lain,” imbaunya.

Komentar