oleh

Pasang Tarif Parkir Rp50 Ribu per Kendaraan, 4 Jukir di Sekitar Pasar Butung Diamankan Polisi

MAKASSAR – Aparat Kepolisian mengamankan empat orang juru parkir (jukir) liar yang beroperasi di sekitar Pasar Butung Makassar, Sabtu (1/6/2019).

Dari keempat jukir liar yang diamankan tersebut, tiga diantaranya diamankan di sekitar Jalan Nusantara, dan seorang lainnya diamanklan di New Makkassar Mall. Keempatnya adalah Subhan (32), Surianto (42), A (10) dan Muh Tang (42).

Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani mengatakan, keempat jukir liar tersebut diamankan setelah petugas menerima laporan perihal pemalakan yang dilakukan oleh jukir liar di sekitar Pasar Butung Makassar.

Menurut Dicky, dari keterangan salah seorang jukir yang diamankan (Subhan), mereka mematok tarif parkir di sekitar Pasar Butung, yaitu di Jalan Kalimantan, Jalan Tentara Pelajar dan sekitarnya untuk mobil antara Rp40-Rp50 ribu per sekali parkir.

Selain itu, lanjut Dicky, pelaku lainnya (Surianto) mengaku, ia bekerja sebagai jukir karena dipanggil oleh seorang bernama Dg Bali. Dimana untuk menjadi jukir dadakan di Jalan Nusantara dengan memberlakukan tarif parkir yang dipatok antara Rp3-5 ribu untuk sepeda motor. Mereka digaji sebesar Rp25 ribu untuk bekerja selama empat jam sehari.

“Mereka tugas dari Asar sampai Magrib,” katanya.

Lebih jauh Dicky mengatakan, keempat jukir tersebut melanggar karena memberlakukan tarif di luar dari aturan Perda No 17 Tahun 2006tentang Pengelolaan Parkir Tepi JalanUmum Dalam Daerah Kota Makassar.

“Hanya saja, keempat jukir tersebut tidak dapat memperlihatkan tanda pengenal parkir dan karcis parkir resmi. Sehingga telah dilakukan berita acara introgasi, membuat pernyataan, dan mengingatkan untuk tidak mengulangi perbuatannya,” tutup Dicky.

Komentar