oleh

Jumlah Penumpang dan Pesawat di Bandara Sultan Hasanuddin Menurun

MAKASSAR – Jumlah penumpang transportasi udara terus meringsek turun. Dari pantauan di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, tidak ada keramaian untuk keberangkatan seperti tahun sebelumnya. Tapi sedikit ramai di kedatangan.

Hingga H-3 lebaran Idulfitri, jumlah penumpang turun 13,4 persen, karena pada tahun sebelumnya di 2018 jumlah penumpang mencapai 42.118 orang. Tapi pada 2019 ini, jumlah penumpang hanya 36.595 orang.

Jumlah pesawat pun juga menurun. Koordinator Posko Terpadu Angkutan Udata Lebaran Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, Ady Rano membenarkan semuanya. “Padahal kami itu memprediksi puncak arus mudik itu kemari dan hari ini, tapi ternyata tetap sepi,” akunya.

Adapun jumlah pesawat menurun 14,1 persen dibanding 2018, yang jumlahnya mencapau 362 peswat, sememtara tahun 2019 ini baru 311 pesawat.

“Penurunan jumlah penumpang dan jumlah pesawat kemungkinan disebabkan persoalan nonteknis. Khususnya kenaikan harga tiket, sehingga prediksi puncak mudik tidak sesuai harapan,” jelas Ady.

Melesatnya harga tiket pesawat memang menjadi keluhan masyarakata. Rezky, salah satu penumpang tujuan Jakarta dari Makassar, mengaku harus merogoh koceknya dalam-dalam demi berlebaran dengan keluarganya di Jakarta.

“Dulu itu sy bisa dapat tiket paling mahal Rp1,5 juta. Sekarang malah paling murah Rp2 juta-an,” tandasnya.

Penulis: Herlina

Komentar