oleh

Tentang Bebas Tilang Saat Lebaran, Kasatlantas Bilang Begini

MAKASSAR – Selama ini sering terdengar asumsi warga, bahwa selama Hari Raya Idulfitri, pengemudi kendaraan bermotor tidak akan dikenai tilang jika melanggar, terutama mengenai penggunaan helem keselamatan.

Asumsi atau pendapat tersebut disangkal tegas oleh Kepala Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Kepolisian Resor Kota Besar (Kapolrestabes) Makassar, Kompol Yusuf.

Yusuf mengatakan, tidak ada istilah bebas tilang saat Hari Raya Idulfitri 1440 hijriah.

“Iya betul ada kesan seperti itu. Tidak ada istilah lebaran bebas tilang, kami dari Satlantas Polrestabes akan menindak pelanggaran yang ada, apalagi pelanggaran yang fatalitas kecelakaan dapat berakibat fatal sampai kepada kematian,” ucapnya.

Dia menambahkan, jika polisi menemukan adanya pelanggaran aturan lalulintas, termasuk tidak mengenakan helem, atau berboncengan tiga, pihaknya tidak segan menindak mereka.

Personel Satlantas Polrestabes Makassar juga tetap mengawasi aktivitas pengendara melalui kamera pengintai (CCTV) yang tersebar di 16 titik di kota Makassar.

“Tetap berfungsi untuk pengamatan melalui CCTV lewat monitoring centre yang ada di Mako Polrestabes, dan akan tetap melakukan penindakan secara Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE),” lanjutnya.

Kepada para pemudik, Yusuf menghimbau agar tidak lagiĀ  menggunakan kendaraan bak terbuka atau pikap sebagai kendaraan mudik, karena kendaraan bak terbuka bukan untuk penumpang.

“Itu ada aturannya di Pasal 183 undang-undang no 22 tahun 2009 tentang lalu lintas angkutan jalan. Kendaraan yang digunakan tidak sesuai peruntukannya itukan kendaraan angkutan barang digunakan untuk angkut orang, ancaman hukumannya 1 tahun denda maksimal 21,” paparnya.

Komentar