oleh

Ternyata, Dari 6 Penyakit yang Menyerang Pemudik, ISPA Terbanyak

MAKASSAR – Para pemudik, ternyata banyak terserang infeksi saluran pernasafan akut (ISPA). Laporan yang diterima Kementerian Kesehatan dari 923 pos kesehatan mudik 2019 di 34 provinsi, menunjukan 6 jenis penyakit yang banyak diderita pemudik, termasuk ISPA.

Laporan tersebut diterima dan diakumulasikan Pusat Krisis Kesehatan Kemenkes pada Minggu (2/6/2019) malam. Diketahui penderita ISPA selama perjalanan mudik 2019 sebanyak 456 orang.

Lima penyakit lainnya yang kerap kali diderita pemudik yaitu diare 82 orang, gangguan pencernaan 275 orang, hipertensi 287 orang, kardiovaskular 51 orang, dan keracunan 3 orang.

Menteri Kesehatan Nila F Moeloek menuturkan jumlah penderita penyakit tersebut didasarkan pada kunjungan pemudik ke pos kesehatan.

Ia menuturkan dari keluhan yang ada, pemudik langsung diberikan penanganan medis dan obat-obatan sesuai prosedur.

“Saya mengimbau masyarakat jangan memaksakan diri untuk cepat sampai ke kampung halaman. Kondisi kesehatan fisik dan psikis harus tetap dijaga agar mudik selamat sampai tujuan,” ujar Menteri Kesehatan melalui siaran persnya.

Para pemudik, tuturnya, diimbau memanfaatkan pos kesehatan di rest area atau di tempat lain yang ada di sepanjang jalur mudik. Tujuannya untuk memastikan kondisi tubuh sehat sebelum melanjutkan perjalanan.

Selain enam penyakit yang paling sering diderita pemudik, ada pula kejadian kecelakaan.

Berdasarkan data Korlantas Polri, hingga Minggu (2/6), tercatat sebanyak 45 orang meninggal, 27 luka berat/rawat inap, dan 207 luka ringan/rawat jalan.

Komentar