oleh

Ini Rincian Jumlah PNS dan PPPK yang akan Diterima Tahun Ini

MAKASSAR – Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menerbitkan Keputusan Menteri PANRB Nomor 12 Tahun 2019 tentang Kebutuhan Pegawai ASN secara nasional untuk tahun 2019.

Meski belum ada kepastian terkait kapan jadwal pendaftaran penerimaan pegawai ASN untuk tahun ini dimulai, namun berdasarkan lampiran Kepmen PANRB Nomor 12 Tahun 2019 tersebut, secara total jumlah pegawai ASN yang akan diterima pada tahun ini sebanyak 254.173 pegawai.

Badan Kepagawaian Negara (BKN) melalui akun twitter resminya merilis, jumlah tersebut terbagi atas dua alokasi atau peruntukan yakni untuk aloikasi pegawai pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Adapun jumlah alokasi untuk pegawai ASN di lingkup pemerintah pusat totalnya sebanyak 46.425 formasi. Rinciannya, PNS sebanyak 23.213 formasi, dengan pembagian alokasi; yang diisi dari pelamar umum sebanyak 17.519 formasi, dan dari sekolah kediasan sebanyak 5.694 formasi. Sementara untuk penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) yang diisi dari eks tenaga honorer K-II dan honorer, jumlah alokasinya sebanyak 23.212 formasi.

Sedangkan jumlah alokasi penerimaan pegawai ASN untuk lingkup pemerintah daerah dijatah sebanyak 207.748 formasi. Rinciannya,
PNS sebanyak 62.324 formasi, dengan alokasi; yang diisi dari pelamar umum sebanyak 62.249 formasi, dan dari sekolah kedinasan (STTD) sebanyak 75 formasi. Sementara untuk PPPK (diisi dari eks tenaga honorer K-II dan honorer), jumlah alokasinya sebanyak 145.424 formasi.

Melalui akun twitternya, BKN juga menyebut, pengumuman atau informasi lebih lengkap terkait persyaratan dan waktu pendaftaran penerimaan pegawai ASN tahun ini kemungkinan akan keluar dan disampaikan setelah libur atau cuti bersama lebaran.

Komentar