oleh

Macet Saat Puncak Arus Balik, Polda Sulsel Akan Berlakukan Sistem One Way Traffic

MAKASSAR – Puncak arus balik lebaran Idulfitri 2019 diperkirakan terjadi pada H+3 dan H+4 lebaran, yaitu Sabtu (8/6/2019) dan Minggu (9/6/2019), karena pada hari seninnya pegawai sudah harus masuk kerja.

Untuk mengantisipasi kemacetan pada puncak arus balik yang akan mengarah ke Kota Makassar, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Dicky Sondani mengatakan, jika Polda Sulsel akan menggunakan sistem one way traffic atau counter flow.

Sistem ini, kata Dicky, akan memberikan prioritas utama bagi arus balik kendaraan-kendaraan yang mengarah ke Kota Makassar, utamanya yang sering mengalami kemacetan di wilayah Kabupaten Maros atau Gowa.

“Sistem one way traffic atau counter flow akan diberlakukan apabila terjadi kemacetan total. Bila situasi arus lalu lintas lancar, maka akan digunakan lagi traffic light untuk mengatur lalu lintas,” sebut Dicky, Jumat (7/6/2019).

Sistem ini akan diberlakukan lanjut Dicky, karena keberadaan traffic lights di Sulsel belum dapat mengurai kemacetan secara otomatis. “Tentu keberadaan petugas Polri dan Dishub sangat berperan dalam mengatasi kemacetan,” lanjutnya.

“Kami menghimbau kepada masyarakat yang akan balik ke Kota Makassar jangan memaksa pada hari minggu siang, karena akan terjadi kemacetan di Takalar, Gowa, Maros dan Pangkep. Lebih baik masyarakat berangkat lebih awal. Gunakan informasi lalu lintas online yang ada di maps supaya tidak terjebak kemacetan. Juga gunakan jalur-jalur alternatif yang ada,” sambung Dicky memberi saran.

Ia juga mengungatkan kepada masyarakat yang akan balik menggunakan pesawat, agar lebih awal ke Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin supaya tidak terlambat karena mengalami kemacetan di jalan.

Komentar