oleh

Ditanya Soal Pilwalkot Makassar, Erwin Aksa: Sekarang Eranya Teknokrat

MAKASSAR – Pemilihan Wali Kota Makassar akan berlangsung 2020. Sejumlah nama mulai mencuat, bahkan beberapa figur calon wali kota sudah mulai menyosialisasikan diri.

Menanggapi hal itu, Mantan Ketua Hipmi yang sekarang merupakan pengurus Kadin, yang juga salah satu tokoh mudah asal Sulawesi Selatan, Erwin Aksa ikut angkat bicara, terkait sosok pemimpin Kota Makassar yang ideal.

Menurutnya, sekarang yang jadi pemimpin itu eranya teknokrat. Atau mereka yang punya pengalaman sebagai akademisi. “Coba lihat Gubernur Jabar sekarang, Gubernur Sulsel dan Gubernur Jakarta, semua punya basic akademisi. Kita harap Makassar dipimpin oleh orang yang mengerti bagaimana mengelola perkotaan,” Erwin mencontohkan.

Selain itu lanjutnya, pemimpin Makassar harus mengerti tentang planologi, sosiologi. “Jadi banyak sekali, karena Makassar sedang tumbuh menjadi kota metropolitan, dan penduduknua semakin besar dan tata ruangnya harus baik, karena kota semakin sempit, tidak banyak ruang yang bisa dikembangjan lagi. Harga tanah semakin mahal, jadi harus diatur bagaimana ruang terbuka hijau, bagaimana perdagangannya,” urai Erwin.

Termasuk, pemimpin Makassar sambung Erwin tahu bagaimana sosiologi masyarakat, agar bisa terjalin hubungan yang baik disemua kalangan.

“Dan tentunya, harus pandai mengelolah APBD, mengerti keuangan. KJta berharap bisa dan punya background pemerintaha serta cakap dalam tata kota,” pungkas Erwin.

Komentar