oleh

Wajo Dapat Banjir Kiriman dari Sidrap, 6 Kecamatan Terendam

WAJO – Selain Kabupaten Sidrap, Kabupaten Wajo di Sulawesi Selatan juga dilanda banjir di 11 desa pada enam kecamatan di sana.

Menurut Kepala BPBD Wajo Alamsyah, Minggu (9/6), bajir yang terjadi di Wajo diperparah oleh banji yang terjadi di Tanrutedong Kabupaten Sidrap, karena aliran sungainya sama. “Banjir juga terjadi pada waktu yang sama, Sabtu (8/6),” sebutnya.

Alamsyah menambahkan, jika banjir terjadi karena hujan yang terus mengguyur sejak 2 April 2019, yang mengakibatkan limpasnya air di Bendungan Awo. Banjir pun melanda desa hingga ketinggian 2,3 meter di Desa Awo Kecamatan Keera, Desa Lompoloang, Kelurahan Benteng dan Kelurahan Tobarakka, Kecamatan Pitumpanua.

“Tingginya intensitas hujan serta kiriman air dari Kabupaten Sidrap mengakibatkan tanggul yang kritis di Desa Sappa, sehingga air meluap Sabtu (8/6) pagi,” tambah Alamsyah.

Banjir tersebut pun mengakibatkan belasan rumah terendam air. Dan kini tim reaksi cepat beserta Pusdalops BPBD Kabupaten Wajo sementara dalam perjalanan ke lokasi kejadian untuk assessment dan persiapan evakuasi.

Berikut enam kecamatan yang terendam banjir di Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan:

1. Kecamatan Keera
– Desa Awo

2. Kecamatan Pitumpanua
– Desa Lompoloang
– Desa Lauwa
– Kelurahan Benteng
– Kelurahan Tobarakka

3. Kecamatan Belawa
– Desa Sappa
– Desa Wele

4. Kecamatan Tempe
– Kelurahan Salomenraleng
– Kelurahan Laelo

5. Kecamatan Pammana
– Desa Pallawarukka

6. Kecamatan Sabbangparu
– Desa Salotengnga

Komentar