oleh

Tarif Gojek Lebih Murah, Asosiaai Driver Online Minta Aplikator Samakan Harga

MAKASSAR – Pengemudi ojek online (ojol) diminta untuk menyamakan tarif, sesuai dengan aturan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) Nomor 118 tahun 2018.

Ketua Asosiasi Driver Online (ADO) Makassar, Musafir, menyatakan permintaan itu, Rabu (12/9/2019).

Musafir menjelaskan, dalam aturan tersebut, aplikator tidak boleh melebihi tarif batas bawah dan tarif batas atas yang telah ditentukan, yakni Rp3.500 untuk batas bawah dan Rp6.500 untuk batas atas.

“Tarif batas bawah Rp 3.500 dan batas atas Rp 6.500 per kilometer. Aplikator harusnya bekerja sama dan menetapkan harga sesuai dengan batas yang sudah ditetapkan, supaya bisa memberikan kemudahan bagi pengemudi dan aplikator itu sendiri,” paparnya.

Menurut Musafir, kesamaan tarif tersebut diberlakukan agar tidak ada lagu persaingan tarif dalam usaha ojek online.

“Sekarang tarif Grab per order penumpang Rp11 ribu dan Gojek Rp9 ribu, itu belum terhitung dengan jarak,” lanjutnya

Perbedaan tersebut kata dia, berakibat pada penumpang yang lebih cenderung memilih Gojek karena tarif yang lebih murah dibandingkan Grab.

Dari pengecekab Sinarkata pada kedua aplikasi angkutan umum daring tersebut, tarif antara Grab dan Go Jek memang berbeda.

Pada aplikasi Go Jek, lokasi jemput  Kantor Bupati Gowa menuju BTN Saumata Indah sebesar Rp9 ribu untuk motor dan Rp16 ribu untuk mobil. Sementara tarif Grab untuk motor Rp13 ribu, mobil Rp20 ribu.

Penulis: Nursinta (B)

Komentar