oleh

Golkar Tetapkan 7 Syarat Pimpinan DPRD Sulsel

MAKASSAR – Partai Golongan Karya (Golkar) menetapkan tujuh kriteria persyaratan-persyaratan yang harus dipenuhi para calon pimpinan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel.

Ketua DPD I Partai Golkar Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Halid, menjelaskan ketujuh kriteria tersebut, yakni, berpengalaman; pengurus harian; pendidikan sarjana; Prestasi, Dedikasi, Loyalitas dan Tidak Tercela (PDLT); suara terbanyak; tidak pernah di partai lain; diskresi pimpinan (apabila ada tidak memenuhi sarat tersebut maka harus mendapatkan persetujuan ketua umum).

Partai Golkar dipastikan mengamankan 13 kursi, dari 11 daerah pemilihan (dapil) yang tersebar di 24 kabupaten/kota di Sulsel, yang penetapannya akan dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Selasa (13/8/2019).

Dengan jumlah kursi sebanyak itu, Partai Golkar mengamankan kursi Pimpinan DPRD Sulsel. Meski untuk penetapan kelengkapan Partai Golkar di DPRD nantinya, masih menunggu keputusan dari internal partai.

“Di Golkar masih ada proses internal, proses hukum maksud saya, di mahkamah partai. Selesai di mahkamah partai, baru rapat pleno untuk malakukan penetapan,” Kata Nurdin Halid.

Terkait kelengkapan itu, Golkar telah membentuk tim penilai, yang saat ini tengah melakukan beberapa proses penilaian untuk pimpinan dewan.

“Timnya sudah, penjaringan sudah terbentuk dan sudah bekerja, hasilnya nanti disampaikan setelah ada final daripada seluruh proses hukum, di internal Partai Golkar masih ada proses hukum berlaku, sehingga kita menunggu dari proses akhir dati proses hukum,” paparnya.

Untuk para petahana, kata Nurdin, mereka memiliki peluang besar untuk menjadi ketua, mengingat ini merupakan syarat resmi partai yang harus dilalui oleh para ketua DPRD nantinya.

“Incumbent tentu sangat berpeluang, apabila memenuhi syarat kriteria tersebut. Tetapi ini syarat formalnya, tentu ada syarat bukan nonformal,” pungkasnya.

Penulis: Muh Saddam (B)

Komentar