oleh

Gubernur Wajibkan Semua Instansi Berperan Aktif dalam Penanggulangan Kebakaran Hutan

MAKASSAR – Setiap instansi yang ada di lingkup Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) diharuskan untuk ikut berperan aktif dalam penanganan kebakaran hutan. Hal itu ditegaskan Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah, dalam arahannya pada apel siaga kebakaran hutan dan lahan yang digelar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan bersama Komando Daerah Militer (Kodam) XIV Hasanuddin di halaman parkir Trans Studio Mall, Kamis (15/8/2019).

“Apel siaga kebakaran hutan dan lahan ini menjadi momentum bagi kita semua untuk bersama-sama menjaga hutan kita yang setiap tahun terdegradasi menjadi lahan garapan,” kata Nurdin.

Menurut dia, jumlah personel dari Dinas Kehutanan Sulsel saat ini belum mencukupi dari kebutuhan.

“Untuk itu, dibutuhkan adanya kolaborasi dan sinergi dengan semua komponen masyarakat, baik dari instansi pemerintah maupun komponen ormas masyarakat,” ujarnya.

Sementara, Kepala Basarnas Makassar, Mustari mengatakan, Basarnas sebagai bagian dari instansi pemerintah yang fokus dalam evakuasi pertolongan dan pencarian dari kejadian atau peristiwa yang mengancam jiwa manusia, siap untuk dilibatkan dalam siaga kebakaran hutan dan lahan, termasuk penggunaan alat yang dimiliki oleh Basarnas.

“Kami dari Basarnas tentu sangat mendukung upaya siaga kebakaran hutan dan lahan. Kami akan ikut terlibat membantu apabila dibutuhkan jika terjadi kebakaran hutan ataupun lahan,” ujarnya.

Penulis: Risman

 

Komentar