oleh

Ini Gambaran Komposisi Kabinet Periode Kedua Jokowi

MAKASSAR – Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan gambaran komposisi menteri-menteri pada kabinet yang akan dipimpinnya untuk periode 2019-2024.

Dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, Jokowi mengatakan, menteri pada kabinet mendatang akan didominasi kaum profesional, dengan persentase sekitar 55 persen. Sementara yang berlatar belakang partai politik hanya sekitar 45 persen.

Dari segi usia, Jokowi tidak memungkiri jika pada kabinet mendatang akan ada menteri yang berusia muda, antara 25-35 tahun.

“Ya ada yang umur-umur itu betul. Yang muda, yang setengah muda, campur lah. Ada yang setengah tua, ada juga,” kata Jokowi, usai menghadiri Upacara Peringatan Hari Pramuka Ke-58 Tahun 2019, di Bumi Perkemahan Wiladatika Cibubur, Jakarta Timur, Rabu (14/8/2019) sore kemarin.

Jokowi menegaskan, dirinya memiliki hak prerogatif penuh dalam menyusun dan memilih nama-nama calon menteri untuk periode kedua kepemimpinannya yang akan dimulai bulan Oktober mendatang tersebut.

“Kabinet itu adalah hak prerogatif presiden. Menteri itu adalah pembantu (Presiden),” tegas Jokowi.

Perihal kapan kabinet tersebut diumumkan, Jokowi mengatakan, sebenarnya semain cepat diumumkan akan semakin baik. Pasalnya selain masyarakat, pasar juga sangat menantikan hal tersebut. Meski demikian, Jokowi mengaku akan melihat momentum dan mempertimbangkan mendesak atau tidaknya kebutuhan itu.

Pada kesempatan tersebut, Jokowi juga mengisyaratkan bahwa kemungkinan akan ada perubahan nomenklatur kementerian, dimana ada yang merupakan gabungan kementerian/lembaga, dan juga ada yang baru dibentuk.

Komentar