oleh

Fraksi PDIP dan PKS Tolak Rekomendasi Pansus

MAKASSAR – Fraksi PDIP dan PKS menyatakan menolak rekomendasi Pansus Hak Angket DPRD Sulsel. Hal itu dengan tegas disampaikan perwakilan dari dua fraksi tersebut pada rapat internal Pansus Hak Angket DPRD Sulsel yang berlangsung sejak Kamis (15/8/2019) sore hingga Jumat (16/8/2019) dini hari.

Ketua Fraksi PDIP yang juga sebagai anggota Pansus Hak Angket DPRD Sulsel, Alimuddin bersama dengan perwakilan fraksi PKS, Aryadi Arsal menyatakan, sikap fraksinya yang menolak rekomendasi pansus hak angket dikarenakan pihaknya menilai, apa yang menjadi rekomendasi tersebut sudah melampaui kewenangan dari pansus hak angket.

“Ini sudah melampaui kewenangan dari panitia angket, dan tidak sesuai dengan tata tertib DPR,” tegas Alimudin dan Aryadi Arsal, usai rapat internal pansus hak angket Jumat (16/8/2019) dinihari tadi.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pansus Hak Angket DPRD Sulsel, Kadir Halid mengatakan, dari hasil pemeriksaan terhadap puluhan terperiksa dan saksi ahli yang sudah dilakukan selama proses persidangan oleh pansus, setidaknya ada tujuh poin kesimpulan yang akan menjadi rekomendasi Pansus Hak Angket.

“Ada tujuh poin, tapi tidak usah saya sebut dulu poin-poinnya. Salah satunya adalah mengusulkan kepada aparat penegak hukum, KPK, kejaksaan dan kepolisian untuk ditindaklanjuti terkait unsur pidana,” kata kadir.

Kadir juga membenarkan bahwa dari sembilan fraksi di DPRD Sulsel yang uga menjadi bagian dari Pansus Hak Angket, ada dua fraksi yang menyatakan menolak rekomendasi tersebut, yakni Fraksi PDIP dan PKS.

“Ada dua yang tidak setuju, yaitu PKS dan PDIP. Mereka membuat sendiri kesimpulan pandangan. Dari tujuh poin tadi itu ada beberapa yang tidak setuju,” ungkapnya.

Sebagai bentuk pertanggungjawaban perihal dua fraksi yang tidak menyetujui hasil dari kesimpulan pada rapat internal pansus itu, lanjut Kadir, nantinya pihaknya akan tetap melaporkan kepada pimpinan pada rapat paripurna dewan yang dijadwalkan digelar siang ini.

“Dia tidak menerima, dan kita nanti akan tulis dilaporan. Penting bahwa PKS dan PDIP tidak menerima,” ujarnya.

Penulis: Muh. Saddam

Komentar